Selasa, 03 Februari 2009

BEKAS-BEKAS KEHIDUPAN

BEKAS-BEKAS KEHIDUPAN

oleh :

H. ZULKIFLI IMAM SAID

Firman Allah

أَوَلَمْ يَهْدِ لَهُمْ كَمْ أَهْلَكْنَا مِنْ قَبْلِهِمْ مِنَ الْقُرُونِ يَمْشُونَ فِي مَسَاكِنِهِمْ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ أَفَلَا يَسْمَعُونَ


Artinya : Dan apakah tidak menjadi petunjuk bagi mereka, berapa banyak umat-umat sebelum mereka yang telah Kami binasakan sedangkan mereka sendiri berjalan di tempat-tempat kediaman mereka itu. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Tuhan). Maka apakah mereka tidak mendengarkan (memperhatikan)?(Q.S. As-Sajdah:26)

Allah menerangkan kepada kita dalam ayat ini, “Apakah tidak menjadi petunjuk bagi kamu dengan bekas-bekas yang ada di sekitarmu”. Orang yang bisa merenungkan ayat ini akan tenang hidupnya, jauh dari kegelisahan karena dia paham untuk apa hidup ini.

Kita lihatlah di bumi ini, tempat kita berada sekarang adalah bekas-bekas kuburan orang terdahulu. Tempat kita berjalan sekarang juga jalan yang pernah dilalui orang dahulu dan sekarang mereka tidak ada lagi. Rumah yang ditempati sekarang juga pernah ditempati oleh orang terdahulu. Orang terdahulu telah melewati ini semua dan sekarang mereka sudah tidak ada lagi. Begitu juga kita sekarang, kita yang melewati kemudian kita pula yang akan dipanggil oleh Allah SWT

Orang yang mengambil hidayah atau petunjuk dari bekas-bekas yang ada dibumi ini maka akan bahagia. Dia sadar, orang pernah ada disini dan sekarang tidak ada lagi. Ketika kita bangun di pagi hari kita buka mata kita lalu berdoa kepada Allah, “Ya Allah bahagiakanlah hambaMu ini dan mudahkanlah urusan hambaMu”. Dengan kekuatan doa ini kita bisa menikmati hidup yang indah serta jauh dari stress.

Hidup dengan mengumpulkan poin-poin kebenaran. Orang yang benar, hidupnya akan bahagia karena dia hidup tanpa problem, tidak punya masalah. Masalah dalam hidupnya ketika dia merasa amalnya kurang, imannya berkurang.

Orang yang tidak ada masalah dalam hidupnya akan sehat. Kenapa bisa sehat?. Karena dia hidup selalu dalam kebahagiaan jauh dari stress. Bahagia adalah salah satu kunci menuju hidup sehat. Semua orang bisa sehat kalau benar cara hidupnya. Allah perintahkan kita untuk beribadah dan ibadah yang Allah perintahkan benar-benar sesuai dengan kemampuan kita, tidak memberatkan.

Allah ingin kita bahagia, tidak menyusahkan tapi kita yang memberatkan dan banyak yang malas. Untuk itu mari kita jadikan ayat ini sebagai renungan bahwa kita pun akan meninggalkan bekas kita didunia, maka tinggalkanlah bekas yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar