Selasa, 03 Februari 2009

MEMELIHARA PANDANGAN

MEMELIHARA PANDANGAN

OLEH: H. ZULKIFLI IMAM SAID


Firman Allah dalam QS An Nur 30-31 :

Dalam surat an-Nur ayat 30 dan 31 di atas Allah mengatakan, “katakanlah kepada laki-laki yang beriman, hendaklah mereka memelihara pandangan dan menjaga dirinya yang demikian itu sangat baik bagi mereka dan menjaga dirinya yang demikian itu sangat baik bagi mereka dan Allah akan mengabarkan apa yang telah mereka perbuat. Dan katakanlah kepada wanita beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan menjaga dirinya”.

Mengapa Allah suruh kita untuk menundukkan pandangan. Pandangan itu sangat berbahaya dan pandangan juga bisa sangat bermanfaat. Pandangan digunakan untuk kebaikan untuk menuntut ilmu dan pandangan digunakan untuk mendengarkan ilmu. Tapi kalau salah guna akan sangat berbahaya sekali. Bisa terjadi pembunuhan, perceraian rumah tangga dan tindak kejahatan lainnya.

Misalnya Amerika melihat Irak dan Iran kaya, lalu timbul nafsu jahat untuk merebut kekayaan itu. Amerika adalah Negara yang besar dan kuat, jadi mudah menguasai Irak dan Iran yang masih lemah pertahanan negaranya. Beginilah jahatnya nafsu. Adanya juga rumah tangga yang harmonis akhirnya menjadi hancur karena nafsu telah menguasai salah satu dari mereka.

Makanya Islam melarang dan memerintahkan untuk menundukkan pandangan. Allah perintahkan jangan layangkan pandangan pada orang-orang yang kami berikan perhiasan dunia. Kita lihat mengapa Qarun itu dikagumi, Al Qur’an mengatakan bahwa Qarun adalah orang yang gagal tapi orang-orang yang dizamannnya waktu itu sangat mengagumi Qarun karena kemewahan, kemegahan, harta, pangkat dan kedudukannya. Mereka mengira bahwa Qarun adalah orang yang sangat berbahagia padahal dia adalah orang yang celaka.

Begitu juga dalam pendengaran, dalam mendengarkan berita jangan lansung dipercayai kebenarannya. Berhati-hatilah menggunakan mata dan telinga ini. Keduanya sangat berpengaruh dalam kehidup ini . Jika kedua hal ini telah rusak maka rusak pulalah hatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar