Selasa, 03 Februari 2009

ORANG-ORANG YANG CURANG

ORANG-ORANG YANG CURANG

OLEH: H. ZULKIFLI IMAM SAID

Firman Allah : QS Al-Mutaffifin

وَيْلٌ لِلْمُطَفِّفِينَ(1)الَّذِينَ إِذَا اكْتَالُوا عَلَى النَّاسِ يَسْتَوْفُونَ(2)وَإِذَا كَالُوهُمْ أَوْ وَزَنُوهُمْ يُخْسِرُونَ(3)أَلَا يَظُنُّ أُولَئِكَ أَنَّهُمْ مَبْعُوثُونَ(4)لِيَوْمٍ عَظِيمٍ(5)يَوْمَ يَقُومُ النَّاسُ لِرَبِّ الْعَالَمِينَ


1. Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang

2. (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi,

3. Dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi.

4. Tidaklah orang-orang itu menyangka, bahwa Sesungguhnya mereka akan dibangkitkan,

5. Pada suatu hari yang besar,

6. (yaitu) hari (ketika) manusia berdiri menghadap Tuhan semesta alam?

Kalau dilihat sementara ketika kita menipu orang lain yang tampak adalah keuntungan bagi orang yang menipu. Tapi sebenarnya adalah tidak, kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang, sebenarnya mereka rugi baik di dunia maupun di akhirat.

Salah satu yang menyebabkan seseorang itu engkar adalah karena tidak mempercayai tentang hari kebangkitan. Karena itu Nabi mengatakan, usahakanlah kamu tinggal di dunia ini dengan lidahmu selalu berzikir menyebut nama Allah. Usahakanlah kamu tingal di dunia ini orang-orang yang selalu menangis karena kehilangan dan kamu tertawa karena kamu berjumpa dengan Sang Pencipta.

Ini sikap yang mesti ada sebagai tujuan dalam hidup kita. Kalau kebahagiaan akhirat yang paling utama dicari, maka Allah akan memberikan kebahagiaan di dunia. Orang-orang yang mencari keuntungan akhirat maka dunia ini akan diberikan saja kepadanya (akan diberi kemudahan selama hidupnya di dunia).

Salah satu kunci agar mudah hidup di dunia adalah kejujuran. Orang yang jujur ibarat benda yang langka dan banyak orang yang mencarinya. Ini juga penyebab sukses orang-orang sholeh dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar